Wisata Sejarah Terpopuler di Malang

Tempat Ngopi Recommended and The Best di Malang
December 13, 2018
Destinasi Gardu Pandang Amazing di Malang
December 15, 2018

Wisata Sejarah Terpopuler di Malang

 

Ada beberapa tempat yang bisa menjadi tujuan wisata sejarah di Malang. Selain itu, ada banyak juga peninggalan dengan nuansa religi di Malang yang bisa menjadi pelengkap untuk traveling Anda. Selain ada banyak barang peninggalan sejarah, Malang dikenal juga memiliki budaya yang sangat beragam. Dan berikut adalah beberapa tempat wisata di Malang yang bisa menjadi wisata sejarah untuk Anda kunjungi.

Wisata Sejarah Malang ke Candi Jago

Candi Jago berada di kawasan Tumpang. sekitar 22 kilometer jika Anda dari Kota Malang. Karena letaknya di Tumpang, ada beberapa orang yang menyebut jika ini adalah Candi Tumpang. Namun, warga setempat lebih menyebutnya sebagai cungkup.

Nah untuk nama Candi Jago sendiri sebenarnya memiliki makna keagungan .dari kata jajaghu. Panel relief Candi Jago memang sangat rapi, mulai dari kaki hingga dinding bagian ruang atasnya. Dan bisa dikatakan tak ada ruang kosong karena semua diisi hiasan dengan jalinan cerita mengenai perpisahan. Dan oleh karenanya, banyak yang menduga jika candi ini mengandung ajaran Hindu dan Buddha.

Wisata Sejarah Malang ke Candi Singosari

Candi Singosari sendiri adalah salah satu destinasi wisata sejarah Malang yang merupakan  salah satu candi peninggalan Kerajaan singosari. Bentuknya sangat unik. Candi Singosari memiliki dua tingkatan bangunan karena memiliki hiasan candi luar yang umumnya rata. Namun, Candi Singosari ini memiliki hiasan yang tidak rata.

Candi Singosari ini sendiri terletak di Singosari, sekitara 9 km dari Malang ke arah Surabaya. Ada beberapa warga yang menyebutkan jika ini adalah Candi Menara karena candi ini memiliki ukuran yang tertinggi di masanya dulu. Dan setidaknya, jika dibandingkan dengan candi yang lain. Saat ini Candi Singosari masih utuh.

Wisata Sejarah Malang ke Candi Jawar Ombo

Candi Jawar Ombo sendiri merupakan salah satu bangunan peninggalan masa Hindu Buddha yang ditemukan dalam keadaan terpendam dalam tanah pada 1983. Dan penduduk setempat sering menyebutkan Candi Jawar Ombo. Candi ini berada di Kabupaten Malang. Dan  candi ini sendiri memiliki empat umpakan dari jenis batu yang mana memiliki lubang pada bagian tengahnya. Dan bagian kaki candi berupa pelipi dengan bentuk setengah lingkaran dengan bentuk segi empat.

Wisata Sejarah Malang ke Candi Sumberawan

Candi Sumberawan adalah salah satu candi yang memiliki kaki, badan dan kepala yang runcing. Candi ini sendiri tidak memiliki tangga dan relief yang mengarah pada bagian patung dewa dan sosok yang suci. Sehingga sering candi ini disebut sebagai salah satu wujud dari stupa yang melambangkan pencapaian untuk menuju ke nirwana. Lokasi candi memang kurang detail, namun bisa dikatakan wisata sejarah Malang yang satu ini masih sangat alami.

Wisata Sejarah Malang ke Candi Kidal

Sebenarnya Candi Kidal adalah wisata sejarah Malang yang menjadi tempat untuk persemayaman Raja Anusapati. Dan Candi Kidal ini adalah wisata sejarah Malang yang juga merupakan candi peninggalan dari Dinasti Singosari.

Candi hindu di Jawa Timur ini berada di Tumpang. Jika Anda ingin berkunjung ke kawasan ini, setidaknya Anda harus berkendara sekitar 20 km dari Kota Malang ke arah timur. Dapat dikatakan juga jika candi ini adalah candi pemujaan yang paling tua untuk kawasan Jawa Timur karena sudah ada sejak pemerintahan Airlangga sekitar 11–12 M.

Wisata Sejarah Malang ke Pertirtaan Watu Gede

Jika Anda ingin ke kawasan wisata sejarah Malang yang agak berbeda, Anda bisa mengunjungi Petirtaan Watugede. Ini adalah sebuah pemandian kuno yang memiliki bentuk segiempat persegi panjang dengan batu bata kuno di bagian pinggirnya yang memiliki ukuran sangat besar. Dan masih utuh untuk saat sekarang ini yang memiliki fungsi sebagai dinding untuk kolamnya.

Sejarah menyebutkan jika pertirtaan ini adalah tempat pemandian yang digunakan oleh raja dan putri raja saat masa Kerajaan Singosari. Dan tempat ini juga memiliki aliran air yang sangat jernih. Airnya yang keluar tidak pernah berhenti dan selalu mengalir. Selain bisa wisata sejarah Malang, Anda juga bisa menikmati pemandian yang segar.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *